Monday 9 January 2017

Hidup Dan Monster Legend



Belakangan aku sedang keranjingan dengan sebuah game battle Monster Legend. Yah, sebenarnya aku bukanlah seorang gamer yang paham ini itu dan bukan juga orang yang rela menghabiskan berjam-jam waktuku untuk bermain game, tapi harus kuakui kalau game yang kumainkan kali ini adalah candu.

Sedikit tentang Monster Legend, game ini adalah tipe battle RPG berbasis facebook, android, dan ios, di mana kita berperan sebagai seorang Monster Master. Tugas kita sebagai Monster Master adalah mengelola pulau dan mengembangkan monster-monster yang kita pelihara di pulau kita untuk menyelesaikan berbagai challenge yang ada. Harus kuakui, untuk sekelas mobile game, developer game ini cukup bangsat! Perlu kamu tahu kalau aku adalah tipe orang yang akan berkata kasar ketika terpukau pada sesuatu. Aku sedang tak ingin mereview sebuah game, jadi aku tak perlu menjelaskan kenapa kusebut game ini candu.

Singkat kata, ada stage-stage challenge yang harus dilalui seiring dengan meningkatnya levelmu. Yang menarik, kita bisa kembali memasuki stage itu di masa mendatang setelah kita menyelesaikannya. Jadi, semacam introspeksi. Ini bagian yang kusuka, ketika levelku cukup tinggi, sesekali aku masuki stage sebelumnya yang saat itu kurasa sangat sulit dan membuatku frustasi bahkan ingin berhenti memainkannya. Lalu apa yang kudapatkan, seiring dengan bertambahnya level monsterku, stage-stage yang sebelumnya itu seperti bukan apa-apa. Blar!!! Sekali serang sudah aku menang. Bisa kamu bayangkan apa yang kurasakan? Stage yang dulu mati-matian kumenangkan, kini bisa dengan sangat mudah kutakhlukan!!!

Begitu pula hidup. Coba kamu sejenak bayangkan, hal apa yang dulu kamu perjuangkan mati-matian, membenturkan kepalamu pada kefrustasian, dan hampir menyerah pada keadaan! Katakanlah, skripsi. Ya, dulu aku sangat terdesak oleh hal ini. Dikejar-kejar waktu dan dihantui dosen pembimbing pun penguji membuatku mengumpat hampir tiap hari. Tapi akhirnya, dengan kesabaran dan perjuangan, aku bisa melewatinya. Lalu apa korelasinya dengan game Monster Legend?

Begini, saat ini aku terdaftar aktif sebagai mahasiswa S2 di sebuah kampus negeri dengan tugas-tugasnya yang menyiksa di tengah kesibukanku mengelola It's Banana! . Sering kali tiap malam sebelum tidur aku berpikir, aku masih hidup ya dengan semua kesibukan yang kualami. Kalau sudah begitu, sering aku membayangkan dulu skripsi yang kueluh-eluhkan setiap hari hampir tak ada apa-apanya jika dibanding kesibukan saat ini. Setelah itu aku tertawa, menyadari bahwa levelku sudah lebih tinggi dari sebelumnya.

Kuasumsikan aku ini monster yang terus berkembang dalam game Monster Legend. Aku butuh makan, aku butuh berusaha, aku butuh perjuangan, aku butuh pengalaman, dan aku butuh dukungan dari monster-monster lain di sekitarku untuk menaikkan levelku terus menjadi lebih tinggi. Pada dasarnya, hidup adalah sebuah perjuangan. Kita berjuang dan berjuang untuk sebuah pencapaian, sampai pada akhirnya kita sadar perjuangan yang kita lakukan telah menempa kita menjadi pribadi yang lebih kuat dari sebelumnya. Selalu begitu, percayalah bahwa perjuangan takkan menghianati. Jadi, selamat berjuang monster-monster di luar sana, tapi ingat, istirahat sejenak bukanlah sebuah dosa!

No comments:

Post a Comment

mari kita mulai diskusi kita dari sini